Menu



   


        Olah raga slackline merupakan terapan dari teori keseimbangan yaitu kemampuan relatif  untuk mengontrol pusat massa tubuh (center of mass) atau pusat gravitasi (center of gravity) terhadap bidang tumpu (base of support). Bidang tumpu pada slackline dalam hal ini berupa tali pipih yang dikencangkan antara dua tambatan dengan ketinggian tertentu.

          slackline dilakukan dengan menggunakan webbing nilon dengan lebar 2,5 cm dan sistem pulley sederhana dari alat-alat khusus panjat tebing. Kurangnya elastisitas dan ketegangan membuat para pemainnya terbatas dalam melakukan gerakan berjalan atau  melakukan gaya di atas tali. Para pemain slackline modern menggunakan webbing dan alat-alat khusus dengan gaya baru untuk mengencangkannya, lebih dinamis, dan lebih mudah.

          Berjalan di atas tali telah ada sejak jaman Yunani kuno, mereka  memiliki empat kata yang berbeda untuk pejalan kaki di atas tali: Oribat tarian pada tali, Neurobat set tali di ketinggian, Schoenobat menuruni tali dan, Acrobat melakukan akrobat di atas tali. Sekitar tahun 260 SM Sensor Messala menyatukan keempat kata ini dalam satu kata: funambulus, yang berasal dari kata[funis, a rope, and ambulare, to walk].Funambulist saat ini lebih dikenal dengan  sebutan teknis untuk pejalan kaki di atas kawat baja (wire walkers) sedangkan pejalan kaki di atas tali biasa dipanggil  tighrope walkers.

          Perjalan olahraga ekstreme yang satu ini, bisa dibilang sebagai warisan dunia yang tertua dan keberadaannya tidak hanya pada suatu Negara tertentu. Tetapi telah menyabar hampir diseluruh dunia. Tak terkecuali daerah Asia. Contoh saja di Negara Korea, tradisi Jultagi telah ada sejak lama, mungkin sekitar tahun 57 SM dan sekarang dianggap sebagai bagian dari warisan budaya Korea. Jultagi adalah bentuk unik dari tighrope walking dimana pemainnya menggabungkan penampilan akrobat, musik dan akting. Kegiatan yang satu ini tidak hanya menjadi trend dimasa purbakala. Pada tahun 1974, Philippe Petite melakukan rigging dan berjalan di atas kawat baja antara menara kembar World Trade Center, Kota New York secara ilegal

Sebagai hasil evolusi, tricklining mulai memperkenalkan trik-trik yang menantang dan banyak disukai generasi muda. Andy Lewis memainkan peran utama dalam mengembangkan olahraga tricklining kompetitif, kompetisi yang diadakan sejak tahun 2008 membuat jumlah penggemar olah raga ini meningkat lebih dari tiga kali lipat di seluruh Negara. Berikut ini beberapa trick yang pernah di mainkan :

1.       Tricklining (bermain trik) sering disebut juga low lining (bermain pada lintasan yang rendah). Para pemain trickline menggunakan lintasan yang rendah dan pendek untuk berlatih trik.  Standar trickline yaitu lintasan yang rendah, kencang, dan mengunakan webbing yang elastis agar memberikan kekuatan untuk melakukan lompatan dan pendaratan yang halus. Jenis permainan yang ini paling banyak dilakukan para slackliner karena bisa mengembangkan berbagai trik gerakan diatas tali sesuai kreatifitas dan kemampuannya. Melompat, menari, salto dll.

2.       Waterline, berjalan diatas tali yang dibentang menempel dengan air. Permainan ini lebih sulit dari permainan lainnya. Karena saat kita berjalan diatasnya akan terpantul bayangan kita diatas yang dapat mengganggu kosentrasi. Pusat  keseimbangan pada permainan ini mengandalkan penglihatan .

3.       Longlining, hampir sama dengan tricklining hanaya saja jarak yang harus ditempuh lebih dari 30cm. kegiatan yang satu ini memerlukan lebih banyak waktu, investasi, dan pengetahuan lebih dari rata-rata. Anda perlu pulley, carabiner besi atau shackle sesuai standar, dan beberapa webbing sling. Konsekuensi cidera pada permainan ini lebih kecil daripada yang lain.

4.       Highline adalah kegiatan slackline yang dipasang antara dua tambatan di ketinggian dengan ruang terbuka dibawahnya. Highliners (sebutan untuk pegiat highline) biasanya memasang lintasan tinggi di pegunungan atau lembahan dan berjalan menyeberangi menggunakan pengaman tubuh (sit harness) dan tali keamanan yang disebut “leash”. Sebuah cincin titanium, alumunium atau besi yang terhubung dengan tubuh diseret sepanjang tali lintasan dibelakang orang yang berjalan. Ketika highliner jatuh, konsekwensi yang akan diterima adalah jatuh mengayun dan membuat mereka tergantung beberapa meter di bawah tali lintasan.

5.       Yoga Slackline, gaya permianan slackline yang satu ini lebih menegangkan. Karena diatas seutas tali baja, melakukan kegiatan yoga yang bisa menenagkan fikiran.Karena dilakukan diatas seutas tali tentu saja harus menguasai yoga dan slackline untuk bisa melakukan gerakan ini.

Berikut gerakan paling dasar yang harus anda perhatikan untuk memulai belajar slackline :

1.       Angkat Tanganmu!

Untuk mempelajari teknik ini, pada awalnya mungkin agak sulit karena anda harus mengingat mempertahankan posisi tangan anda, sedangkan anda juga harus memikirkan untuk melangkahkan kaki anda dengan ahti-hati. Tak hanya itu, jika anda belum terbiasa, biasanya latihan ini akan terasa melelahkan karena anda harus menahan tangan anda untuk menghadap ke atas.

2.       Hadap Depan

Hadaplah sekitar 10-20 meter ke depan, dan lihatlah ke satu titik tertentu. Hal itu akan membantu pikiran anda fokus dan berkonsentrasi pada langkah anda, untuk selnajutnya membantu anda menemukan keseimbangan anda. Trik paling mudah adalah dengan melihat ke arah anchor point atau ujung tali webbing anda.

3.       Jangan Menyilangkan Kaki

Selalu pertahankan agar kaki selalu sejajar dengan posisi webbing. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mempertahankan keseimbangan anda. Saat posisi kaki sejajar dengan webbing, maka kecenderungan kita untuk jatuh adalah ke arah depan dan belakang. Jika posisi kaki menyilang dengan arah tali maka kecenderungannya, kita akan jatuh ke samping webbing

4.       Tekuk Sedikit Kakimu

menekuk kaki dapat berfungsi untuk mengatur tekanan badan pada webbing. Saat kita sedikit goyang, salah satu trik untuk menyeimbangkan badan adalah dengan menekan sedikit webbing, sehingga pijakan kita tetap kokoh.

5.       Rileks

Selama melakukan perajalanan diatas tali kita dituntut untuk rileks agar badan lebih mudah diseimbangkan.

6.       Saran

Berdiri diatas tali dengan satu kaki akan lebih seimbang.

Sekian artikel yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

http://isroadi.blogspot.com/2013/06/slackline-untuk-sangat-pemula.html

http://mulpro.tumblr.com

http://muda.kompasiana.com/2013/02/15/slackline-melatih-konsentrasi-dan-uji-nyali-diatas-tali-529034.html

9 Olahraga Yang Paling Ekstrim Di Dunia

0 comments:

Post a Comment

 
Top