Menu


                                                                    Teknologi Hardware
   A.Pengertian Hardware
     
         Hardware adalah perangkat keras pada komputer, merupakan suatu komponen dari sebuah komputer yang berbentuk nyata, bisa dilihat, diraba oleh manusia. Hardware dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan cara kerja dan fungsinya terdiri dari input device,proces device,output device, dan storage device. 


   B. Komputer
        Hasil gambar untuk komputer
      
        Komputer memiliki beberapa komponen penting yang saling bekerja sama . Komponen tersebut salah satunya hardware atau perangkat keras.

   C. Komponen Hardware

 
       1. Input Device

            Fungsi dari input device adalah sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam     suatu memori sehingga menghasilkan suatu informasi. Berikut terdapat contoh komponen dari input device adalah sebagai berikut:
       
       a. Keyboard

      Hasil gambar untuk keyboard komputer
           Keyboard adalah sebuah papan yang terdiri dari tombol huruf, angka dan simbol. Berfungsi untuk  memasukkan huruf, angka, karakter khusus, serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file, membuka file, dan perintah lainnya.
      

       b. Mouse
 

           
           Mouse adalah alat input (masukan) komputer yang digerakkan oleh tangan, dan berfungsi mengubah gerakan menjadi instruksi/perintah.

       
       
       2. Proses Device

           Proses device berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan intruksi yang diterima dari input hardware dan kemudian hasilnya akan dikirimkan ke output hardware untuk ditampilkan. Berikut terdapat contoh komponen dari proses device adala sebagai berikut:
       
       a. CPU (Central Processing Unit)
             
          
        
           CPU adalah salah unsur yg terpenting dalam sistem komputer. CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut mikroprosesor.
   
   
       b. Motherboard

     
         
           Motherboard adalah Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
         

       c. Prosesor


     
           Prosessor adalah sebuah perangkat yang di gunakan untuk mengolah data yang masuk, atau bisa di ibaratkan sebagai otaknya komputer.
             
             
       d. RAM (Random Access Memory)

          

        RAM merupakan memori penyimpanan sementara yang bersifat acak. Pada memory ini karena disimpan sementara.
           
       
       e. ROM (Read Only Memory)
          
          
           ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dalam suatu komputer.

      
              
              
       3. Output Device

           Output Device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas , suara, dll. Berikut terdapat contoh komponen dari output device adalah sebagai berikut:
         
       a. Monitor
      
      
           Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya.
             
           
       b. Printer
      
     
           Printer adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar di atas kertas.

           
       c. Speaker
 
   

           Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara).
              
       
       4. Storage Device

          Storage Device merupakan suatu sistem komputer yang berfungsi untuk menyimpan data dalam sebuah komputer. Berikut terdapat contoh komponen dari output device adalah sebagai berikut:
          
        a. Hard Disk 

          

           Hard Disk adalah Penyimpan Eksternal yang umum digunakan dalam sistem komputer. Karena harddisk biasanya adalah tempat penyimpanan sofware atau sistem operasi.
              
       
        b. Flask Disk 

           
            Flask Disk merupakan media penyimpan eksternal yang fungsinya sama dengan hardisk.
           
           
        c. CD (Compact Disk)
           

            CD (Compact Disk) merupakan salah satu media penyimpan eksternal berupa piringan optik, yang menggunakan sinar laser untuk penulisan dan pembacaan data.
           
           
        d. DVD (digital Video Disc )
          

            DVD (digital Video Disc ) merupakan teknologi piringan optik kedua setelah CD. Namun DVD memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada CD.



            Kesimpulanya bahwa hardware merupakan perangkat komputer yang bisa kita sentuh,Hardware pada komputer di kelompokan berdasarkan tugas dan fungsi masing masing, ada yang sebagai input device, prosese device, storage device, dan output device.  

0 comments:

Post a Comment

 
Top