Menu

Sebagai ibukota propinsi, Surabaya tentunya memiliki banyak tempat wisata. Daerahnya yang dekat dengan laut pastinya wisata pantai menjadi Andalan.

Pantai kenjeran menjadi Andalannya. Pemerintah kota surabaya terus meningkatkan kualitas tempat wisata disini. Selain itu banyak tempat wisata yang lain yang juga tidak kalah menarik.

Wisata yang pernah menjadi salah satu titik perjuangan bangsa Indonesia ini juga banyak menyimpan peninggalan sejarah. Pertempuran melawan belanda menjadi sejarah yang tidak terlupakan bagi bangsa ini terutama bagi masyarakat Surabaya sendiri.

Perang yang menumpahkan banyak sekali pemuda Surabaya untuk mengusir penjajah belanda. Dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Surabaya, sekaligus menjadikan Surabaya sebagai "Kota Pahlawan".

1. Wisata Tugu Pahlawan Surabaya

Menurut wikipedia Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tempat wisata yang cukup unik di kawasan tengah kota Surabaya.

Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

Pada salah satu sisi, terdapat patung mantan presiden Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta ketika sedang membaca proklamasi kemerdekaan diantara pilar-pilar tinggi yang menyerupai reruntuhan suatu bangunan.

Pada pilar-pilar juga terdapat tulisan-tulisan pembangkit semangat kemerdekaan yang menyerupai coretan-coretan. Bentuk unik dari pilar ini menjadi tempat favorit untuk berfoto. Tugu ini menjadi wisata perjuangan arek-arek Suroboyo. Pastikan Anda mengunjungi tempat ini, paling tidak untuk ber-selfie.

2. Wisata Kebun Binatang Surabaya

Meskipun pada 2 tahun belakangan ini, tempat wisata paling bersejarah di Jawa Timur ini tetap memiliki pesona tersendiri. Terhimpit kasus pengelolaan yang mengusik kebun binatang ini, tidak membuat tempat ini menjadi sepi.

Tampak depan dari Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang yang pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara ini malah membuat warga Surabaya dan warga Jawa Timur semakin Penasaran.Tempat wisata ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi.

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia. Koleksi hewan yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari tiga ratus spesies satwa yang berbeda. Dan spesies itu terdiri lebih dari 2.500 binatang.

Selain menjadi tempat wisata, KBS menjadi sarana pendidikan buat pelajar. Semua pelajar bisa belajar sambil berwisata. Bisa memahami berbagai jenis hewan. Hewan langka dan dilindungi juga menjadi koleksi kebun binatang Surabaya.


3. Wisata Monumen Kapal Selam Surabaya

Satu lagi wisata unik di Surabaya adalah Monumen Kapal Selam, atau disingkat Monkasel. Museum unik ini berlokasi di pusat kota, tepatnya di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Merupakan salah satu dari armada Angkatan Laut Republik Indonesia, yaitu  kapal selam KRI Pasopati 410.

museum kapal selam tampak depan

Kapal selam ini buatan Uni Soviet pada tahun 1952. Pada jaman Presiden Soekarno, Kapal selam ini menjadi kendaraan prajurit TNI dalam Pertempuran bangsa Indonesia dalam membebaskan Irian Barat. Pertempuran seru di laut Aru berakhir dengan kemenangan bangsa Indonesia.

gerbang masuk museum kapal selam surabaya


Monumen ini cocok untuk wisata keluarga. Setiap anggota keluarga bisa menikmati kehebatan militer laut Indonesia. Kapal selam ini ada kapal asli. Bukan tiruan. Ukuran sesungguhnya sangat besar.

Lalu bagaimana bisa berada di tengah kota ? Kapal selam monkasel ini dipindah dengan cara dipotong beberapa bagian lalu diangkut ke darat, lalu dirangkai kembali di darat dan jadilah seperti yang kita nikmati sekarang ini. Menjadi tempat wisata edukasi yang sangat bagus.

4. Wisata Jembatan Suramadu Surabaya

Jembatan Suramadu adalah jembatan pertama di Indonesia yang berhasil menghubungkan 2 pulau. Ini sekaligus menjadikan jembatan suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.


Jembatan ini dibangung dengan melewati 2 masa presiden. Dibangun pada masa presiden Megawati dan selesai pada masa presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini merupakan solusi panjang yang sangat ditunggu masyarakat Madura.


Memang jembatan ini tidak ada spot khusus untuk pengendara dapat menikmatinya sebagai tempat wisata, tapi keindahannya saat dilewati, tentu akan menimbulkan rasa yang senang dan bangga bisa berkunjung di tempat ini.


Ekonomi madura yang berkembang pesat saat itu sangat terkendala dengan transportasi. Selama ini hanya didukung oleh pelabuhan laut yang berada di Bangkalan. Transportasi laut model seperti ini sudah tidak memadai dengan cepatnya laju ekonomi.

proses penyelesaian pembangunan Jembatan suramadu

Keberadaan jembatan penyeberangan sudah sangat mendesak. Dan akhirnya rakyat Madura dan Surabaya dapat menikmati 2 keuntungan. Keuntungan secara ekonomi dan keuntungan secara wisata.

Jembatan ini sangat indah pada malam hari. Lampu-lampu yang menghiasi sepanjang jembatan sangat menarik pada pengendara yang melewati. Bergaya seperti jembatan di luar negeri.

Pada tahun 2012 jembatan ini telah dilewati sekitar 43.000 an lebih kendaraan. Dan volume ini meningkat sampai dengan 50.000 kendaraan pada hari sabtu dan minggu.

 

5. Wisata Pantai Kenjeran Surabaya

Pantai Kenjeran terletak di kecamatan Kenjeran di timur Surabaya, sekitar 9 Km dari pusat kota. Kenjeran adalah sebuah kecamatan di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

salah satu spot wisata pantai kenjeran yang paling favorit

Kawasan pantai di Kenjeran juga terkenal sebagai tempat rekreasi bagi keluarga, yaitu Pantai Ria Kenjeran. Wisata ini berdekatan dengan Jembatan Suramadu. Mayoritas penduduk di kecamatan kenjeran beragama Islam dan bersuku Jawa dan Madura.

sisi pantai saat kosong di pantai kenjeran surabaya

Kenjeran sebagai destinasi wisata pantai satu-satunya sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai Kenjeran terbagi menjadi 2 tempat wisata yaitu Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru, keduanya menawarkan aroma khas pantai dengan angin sepoi – sepoi dan ombak yang tidak begitu besar.

ramainya pengunjung yang sedang berenang di pantai kenjeran

Pantai kenjeran menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan lokal untuk sekedar melepaskan penat dan melupakan kebisingan di kota Surabaya. Walikota terpilih, Tri Rismaharini, memiliki obsesi mengembangkan kawasan pantai Kenjeran menjadi daerah wisata kelas dunia.

ikan bakar asap di pantai kenjeran

Tri Rismaharini berobsesi ingin membangun wahana air terjun menari  pertama di Indonesia. Dan juga akan dibangun patung ikan Sura dan Buaya di sekitar pantai Kenjeran.

Patung tersebut terlihat bermandi gemerlap cahaya saat malam hari. Sehingga bisa dilihat penumpang pesawat sebagai penanda kota Surabaya. Jadi tidak hanya pengunjung yang bisa menikmati, tapi orang yang akan mendarat di bandara pun bisa menikmatinya.

rencana pengembangan tempat wisata pantai kenjeran di masa depan

Pantai Kenjeran ini ingin sekali dijadikannya sebagai wisata pantai kelas dunia, yang akan dilengkapi dengan sejumlah wahana permainan air sebagai fasilitas wisata di jembatan tersebut seperti parasailing, banana boat, serta permainan wisata air lainnya.


Demikian 5 Tempat wisata di Surabaya yang harus kalian kunjungi bila bermain ke kota Surabaya.

4 comments:

 
Top