Menu

 Indonesia kaya akan kulinernya, salah satu yang menjadi ciri khas dan masakan asli Indonesia adalah "Nasi Goreng". Dulunya nasi goreng adalah makanan yang dibuat dari nasi sisa hari kemarin yang sayang kalau mau dibuang maka digoreng agar bisa dikonsumsi kembali, tapi lama kelamaan nasi goreng menjadi kuliner asli Indonesia dan bisa disajikan tanpa menunggu nasi sisa kemarin. Hampir di semua pelosok pasti menemukan makanan ini, makanan ini sangat enak jika dihidangkan di malam hari bersama keluarga tercinta hehehe. !!!

Nasi Goreng adalah salah satu makanan terlezat didunia yang menjadi makanan khas Indonesia. Cara membuat nasi goreng sangat lah mudah semua orang bisa menyajikannya namun cita rasanya yang berbeda-beda. Meskipun tampak mudah, nasi yang digoreng di dalam minyak lalu diberi kecap manis atau saos tomat, asam jawa, dan bawang goreng ini memiliki varian yang banyak tergantung dari lauk yang ditambahkannya.
Karena kemudahannya tersebut, kita dapat menemui penjual Nasi Goreng di seluruh pelosok Indonesia bahkan di negara-negara asia seperti Singapore, Thailand, dan Malaysia. Dan baru-baru ini salah satu mantan pemain Manchester United, Rio Ferdinand berbagi ceritanya di Twitter terkait pengalamannya mencicipi masakan khas Indonesia di Singapore.

Berikut varian atau jenis Nasi Goreng yang ada di Indonesia:
1. Nasi Goreng Jawa.



- Varian Nasi Goreng yang pertama adalah Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng khas Jawa ini memiliki cita rasa yang pedas karena campuran bumbu sambel ulek. Contoh Nasi Goreng Jawa adalah Nasi Goreng Surabaya yang warnanya merah kecoklatan dengan campuran lauk suwiran ayam  potong dan irisan telur dadar, Nasi Goreng Babat semarang yang dicampuri lauk babat dengan warna agak kecoklatan, Nasi Goreng kampung Yogyakarta yang warnanya merah tua yang diberi lauk telur mata sapi dan ayam kampung dan terkahir Nasi Goreng Jawa Tengah yang warnanya merah muda dengan lauk sayuran kol dan suwiran ayam kampung.

2. Nasi Goreng Ikan Asin.



- Nasi Goreng Ikan Asin adalah salah satu varian Nasi Goreng yang cukup terkenal di Indonesia karena cita rasa asinnya yang semakin membuat Nasi Goreng ini menjadi nikmat. Rasa asin tersebut berasal dari bahan utamanya yaitu ikan asin.

3. Nasi Goreng Kambing.



- Varian selanjutnya adalah Nasi Goreng Kambing, bagi anda yang tidak menyukai asin anda dapat mencoba masakan ini. Nasi Goreng Kambing adalah masakan yang berbahan dari daging kambing yang dipotong sebesar dadu. Potongan daging kambing yang dicampurkan dalam Nasi Goreng menimbulkan aroma dan cita rasa yang khas. Biasanya menu ini dijual disekitar perkampungan arab yang menyukai daging kambing.

4. Nasi Goreng Seafood.



- Nasi Goreng ini biasanya dijual di dekat pantai karena nasi goreng ini dicampuri dengan berbagai macam seafood seperti udang, cumi, kepiting, dan lain sebagainya. Varian nasi Goreng Seafood adalah jenis nasi goreng yang paling sering dijual oleh pedagang-pedagang nasi goreng. Rasanya sangat enak dan bercita rasa ketika dicampuri dengan berbagai daging ikan laut seperti daging sotong, daging udang, dan beberapa daging ikan lainnya.

5. Nasi Goreng Sunda.



- Seperti namanya, varian nasi goreng di Indonesia berikutnya adalah nasi goreng Sunda, Nasi goreng ini dibuat oleh orang Sunda. Yang khas dari Nasi Goreng ini adalah warnanya yang kekuning-kuningan dan pedas, hal ini dikarenakan tambahan bumbu kunyit dan kunir.

6. Nasi Goreng Mawut.



- Varian nasi goreng di Indonesia yang tidak kalah terkenalnya adalah nasi goreng mawut. Memiliki nama yang unik, Nasi goreng Mawut ini memiliki kaya lauk karena banyaknya campuran lauk seperti mie, kol, beberapa sayuran hijau, dan suwiran ayam yang di goreng bersama serta tambahan bumbu-bumbu dapur untuk memperkuat rasa dari Nasi Goreng ini. Bisanya Nasi Goreng ini dijual di warung Nasi Goreng Jawa.

7. Nasi Goreng Jancuk.



- Nasi Goreng ini adalah nasi goreng yang paling unik, nasi goreng ini berasal dari Kota Pahlawan yaitu Surabaya. Nasi Goreng ini memiliki cita rasa yang super pedas, bahkan 1 porsi bisa dimakan untuk 4-5 orang. Saking pedasnya Nasi Goreng ini membuat orang yang menyantapnya berkata kotor (misuh) ala Suroboyo yaitu 'Jancuk'.

8. Nasi Goreng Spesial.



- Varian Nasi Goreng yang terkenal di Indonesia adalah Nasi Goreng Spesial. Dinamakan Nasi Goreng Spesial karena Nasi Goreng ini memiliki lauk yang begitu spesial sekali. Campuran lauk dari Nasi Goreng ini berupa telur dadar, suwiran ayam, sosis, seafood, dan lain-lainnya.

Dari 8 Nasi goreng ini ? Nasi Goreng mana yang paling anda sukai ? , Kalau saya suka dengan Nasi Goreng Mawut hehehe..

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~ Selamat Berkuliner Guys !!! ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

1 comments:

  1. izin share ya admin :)
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Line : agen365
    WA : +855 87781483 :)
    Silakan di add ya contaknya dan Bergabung juga ya :)

    ReplyDelete

 
Top