Menu

mengejar virus yang kabur
Kenapa sih PC atau laptop kita Leeemmmoootttt????
Bismillahirrohmanirrohim
Pertanyaan ini sering sekali saya dengar dari beberapa teman, customer, dsb. Dan alhamdulilah saya bisa menangani nya dengan bantuan mbah google serta pengalaman virus yang sudah-sudah. Tapi sebelum saya membagikan trik atau tips membersihkan virus pada PC kita, alangkah baiknya anda memantapkan niat Anda. bukan maksud apa-apa, dikarenakan begini. Terkadang orang itu hanya ingin komputernya kembali dengan keadaan semula (sebelum kena virus) tanpa punya keingintahuan akan gimana sih cara menghapus virus itu dan mencegah virus untuk kembali lagi ke komputer kita.
1. Virus dari flash disk atau media penyimpanan lainnya (contoh sdcard)
   Ketika kita bekerja, seringkali kecepatan waktu yang menjadi alasan agar pekerjaan yang menggunakan flashdisk cepat selesai.  Ada beberapa anti virus yang bisa menghandle masuknya virus yaitu smadav.
   Akan tetapi, alangkah baiknya lagi kita jangan membuka isi data flash disk dengan menggunakan aplikasi winzip, winrar, 7z atau aplikasi zip yang lain. Karena dengan metode ini virus tidak akan masuk ke pc kita. Biasanya virus itu mulai muncul ketika kita buka menggunakan explorer.
2. Lakukan scanning anti virus pada pc anda seminggu sekali.
   Jadi ketika kita menggunakan komputer lebih dari lima hari alangkah baiknya jika komputer tersebut di scanning anti virus. Saya sendiri memakai antivir free edition, yang database virusnya lumayan banyak dan tidak memberatkan kinerja dari konputer anda. Teknisnya, jika anda bekerja di kantor hari senin sampai jumat, pas di hari kamisnya lakukan scan pc pada sore hari. Dan biarkan sampai selesai jumat pagi. Dan anda bisa memakai komputer seperti biasa.
3. Deteksi komputer yang terkena virus
    Sangat sederhana untuk mengetahui virus itu sedang berjalan. Jika kita buka,task manager disitu akan muncul banyak proses. Dan biasanya, virus itu tidak mempunyai description yang banyak. Biasanya cuma satu kata, nah jika di win 7 proses tersebut bisa kita klik dan open file location. Lalu balik lagi ke task manager, end process dan hapus file tersebut.  Hapus file bisa melalui explorer. Cukup mudah bukan.
Selamat hunting virus
Wassalam.
 

0 comments:

Post a Comment

 
Top