Menu


Motherboard secara teknis disebut pula Logicboard, namun ada pula yang menyebutnya Mobo, Mainboard, System Board dan juga MB. Motherboard terbuat dari papan PCB dengan berbagai komponen elektronika, slot dan juga port tertanam padanya. Motherboard adalah komponen 'induk' dimana setiap komponen komputer lain tersambung dan membentuk sebuah sistem kerja untuk memfungsikan sebuah komputer.

Sejarah dari Motherboard

Menurut sejarah yang dicatat oleh dunia teknologi, motherboard pertama kali dibuat oleh Steve Jobs dan Wozniak, dua pendiri perusahaan Apple.Saat itu mereka sedang merencananakan untuk mengembangkan Apple I menjadi Apple II namun dengan bentuk yang lebih ringkas. Saat itu tahun 1977 di mana komputer Apple I masih berbentuk tak karuan dengan bagian-bagian yang terpisah-pisah dan dihubungkan dengan kabel-kabel yang ruwet. Kedua pendiri Apple tersebut memikirkan cara untuk meletakkan komponen-komponen komputer yang berserakan tersebut di satu tempat khusus yang bisa ditempatkan di dalam komputer.
Ide tersebut dikembangkan di produk Apple II dan kemudian diikuti oleh beberapa perusahaan pengembang awal motherboard seperti DFI, Orchid Tech, AMI, Huppauge, Micronic dan Elitegroup.
Pada tahun 1980 hingga 1990 beberapa komponen peripheral komputer mulai bisa diintegrasikan pada papan motherboard antara lain adalah slot untuk keyboard, slot untuk mouse, floppy drive, serta port serial dan paralel. Saat itu motherboard masih berukuran cukup besar.
Pada tahun 2000 pengintegrasian peripheral komputer semakin sempurna dengan berhasil ditambahkannya sound card dan VGA card yang menempel langsung pada motherboard (onboard), tahun-tahun selanjutnya perkembangan motherboard semakin kompleks dengan ditambahkannya berbagai komponen yang bermacam-macam.

Komponen-komponen pada Motherboard
Sebagai papan utama tempat meletakkan chip, komponen elektronika, port dan berbagai slot, motherboard berfungsi mengatur lalu lintas data pada sistem komputer. Oleh karena itu pada sebuah motherboard modern akan terdapat komponen-komponen sebagai berikut.
1. USB 2.0 Port 1 dan Port 2
2. Port Paralel dan Serial
3. Microphone Jack
4. PS/2 Mouse Port
5. South Bridge Controller
6. Standby Power LED
7. PCI Slots
8. RJ-45 Port
9. Line in Jack
10. Line out Jack
11. USB 2.0 Port 3 dan Port 4
12. Video Graphics Adapter Port
13. Konektor keyboard
14. AGP 4X Slot
15. Baterai CMOS

Perkembangan motherboard juga sangat pesat, jika di awal perkembangannya motherboard hanya memiliki standar PC/XT yang dibuat oleh IBM maka saat ini yang paling banyak dipakai adalah motherboard dengan jenis ATX. Berikut ini perkembangan jenis motherboard yang banyak dianut.
a. PC/XT (buatan IBM dan menjadi standar motherboad hingga belasan tahun)
b. AT (Advance Technology)
c. ATX (Advance Technology Extension)
d. Mini ATX

Produsen Motherboard Terkenal
Ada beberapa produsen motherboard yang terkenal memproduksi motherboard berkualitas hingga saat ini, mereka adalah 
ASUS

Motherboard Asus sangat terkenal dan paling banyak diminati oleh perusahaan pembuatan komputer, para pekerja IT dan penggila komputer rakitan. Asus tak hanya memproduksi motherboard namun juga VGA Card untuk AMD dan juga Nvidia. Tak hanya itu ada pula produk gaming case, optical drive, laptop, smartphone, dan peripheral lainnya.

Gigabyte

Perusahaan ini termasuk perusahaan besar di bidang motherboard, Gigabyte dan Asus adalah pesaing papan atas pasar motherboard. Produksi Gigabyte tak berbeda jauh dari Asus yakni produk VGA Card AMD dan Nvidia, gaming peripheral dan banyak lagi.

ASRock

Perusahaan ini dulunya adalah bagian dari Asus namun saat ini telah menjadi perusahaan sendiri dan menjadi pesaing yang tak bisa diremehkan oleh Asus sendiri. Banyak sekali jenis dan type motherboard buatan ASRock di pasaran sehingga memanjakan para produsen komputer rakitan.

Biostar

Produsen motherboard ini lebih terkenal dengan produk motherboard untuk perusahaan AMD. Namun begitu Biostar juga membuat motherboard untuk chipset Intel.
Ada pula produsen motherboard yang lain seperti MSI, Foxconn, Asus Maximus, EVGA, VVIKOO, ACER, ECS, PCChip, EPOX, Power Color, Zotac, Quanmax, Magic Pro dan ALbatron.

0 comments:

Post a Comment

 
Top