Menu



A) PERKEMBANGAN HARDWARE

Tahukan Anda tentang Perkembangan Hardware? Jika belum mari kita baca artikel ini !!!

Komputer dari dulu , hingga kini banyak sekali mengalami perubahan dan penyempurnaan bentuk dan fungsinya. Pada tahun 1930, lahirlah suatu konsep dari komputer-komputer serba guna yang menjadi awal dari komputer modern saat ini. Ditambah dengan perkembangan masyarakat yang makin kompleks dan dengan kemajuan teknologi yang semakin maju telah mendorong orang-orang berbakat untuk berpikir secara pesat. Pada tahun 1937, Alan Turin seseorang ahli matematika dari Inggris membuat sebuah analisis teoritis dari kemungkinan pengembangan komputer yang serba guna. Pelaksanaan gagasan tersebut dapat segera terlaksanakan, karena pada tahun tersebut sedang memgalami Perang Dunia II , pihak militer sangat membutuhkan perhitungan-perhitungan yang cepat, matang, dan akurat untuk kebutuhan perangnya, sehingga dari gagasan tersebut perkembangan perangkat keras (hardware) mengalami perubahan bentuk dan fungsinya.

Hardware ( Perangkat Keras ) yaitu Perangkat yang dapat dilihat dan disentuh serta dapat dirasakan dengan sentuhan tangan. Dengan kata lain seluruh bagian yang terdapat pada perangkat elektronika baik dari mulai komputer, telepon selular atau perangkat elektronika lainnya yang akan selalu dijumpai yang namanya hardware. Dalam persiapan untuk memperbaiki atau mereparasi Pesawat Telepon Selular. Cara kerja dari hardware ini sangat tergantung pada software, karena perintah yang dijalankan berdasarkan atas perintah software tersebut.
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah benda yang bisa kita lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.

Perangkat Keras(Hardware) memiliki 3 macam yaitu:
 - Perangkat Masukkan (Input Devices)
    Apa itu Perangkat Masukkan ? Perangkat Masukkan adalah, Perangkat yang berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar ke dalam komputer.
Contoh Perangkat input , yaitu:

 1. Keyboard.
 2. Mouse.
 3. Light-pen.
 4. Scanner dan
 5. masih banyak lagi
 - Perangkat Keluaran (Output Devices)
    Perangkat Keluaran digunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan.
Contoh perangkat keluaran adalah.

 1. Monitor
 2. Printer dan
 3. masih banyak lagi.
 - Perangkat Pengolah data (Processor)
    Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga Mikroprsessor.
Macam-macam Perangkat Keras (Hardware):

 1. CPU (Central Processing Unit):
     CPU (Centra Processing Unit) adalah alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
 2. Monitor:
     Monitor merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
 3. Keyboard:
     Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU , biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, symbol, dan tombol fungsi lainnya.
 4. Mouse:
     Apakah itu Mouse ? Mouse Bukan berarti Tikus ya guys !! Mouse adalah alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
 5. Printer:
     Printer merupakan alat yang memproduksi keluaran data (Output) berbentuk cetak berupa teks maupun gambar/grafik.
 6. CD ROM;
     Alat tambahan yang mampu menyimpan data dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk). Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik.
 7. Compact Disk (CD):
     Media Penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan melalui sistem optik.
 8. Floppy Disk:
     Floppy Disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan disket maupun sebaliknya.Ukuran yang paling umum digunakan adalah 3,5 inchi.
 9. Harddisk:
     Tentu kawan tidak asing juga kan dengan nama itu ? Ya !! Benar Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan Harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data. Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpanan sistem operasi yang permanen.
 10. USB Flasdisk:
     Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang cukup besar dan selain itu ukurannya kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana saja, hadrinya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flasdisk adalah 128MB sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40GB lebih kecil dibandingkan Hardisk external yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera byte(1000GB).

 B) Sejarah Hardware Komputer.
    Kemajuan teknologi yang dibuat manusia telah mengubah bentuk dan fungsi komputer tersebut dalam beberapa Generasi, yaitu:
 1. Generasi Pertama (1946-1959):
    Komputer pertama dibuat masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya, sehingga komputer generasi pertama belum dapat memproses masalah-masalah yang besar.Komputer generasi pertama masih menggunakan komponen-komponen yang besar-besar.
 A. Adapun ciri-ciri komputer generasi pertama, yaitu :

    - Ukurannya lebih besar.
    - Kecepatan prosesnya masih lambat.
    - Cepat sekali panas.
    - Sangat membutuhkan listrik yang besar.
    - Menggunakan tabung hampa udara (Vacum tube).
    - Tempat penyimpanan menggunakan Magnetic Core Storage.
    - Masih menggunakan bahasa mesin (Machine Leanguage).
    - Menggunakan konsep Storage Program.
  Contoh Komputer Generasi Pertama:

    - MARK I, MARK II, IBM 702, IBM 704, IBM 709(Di buat oleh IBM/Internasional Business Macnhine).
    - UNIVAC II(Di buat oleh Sperry Rand).
    - ENIAC (ELECTRONIC NUMERICAL INTEGRATOR AND CALCULATOR), dibuat oleh DR.Jhon W. Mauchly pada tahun 1942. Komputer ini berukuran besar dan fisiknya mencapai 30 ton.
    - Dan masih banyak macam lagi komputer generasi pertama.
 2. Generasi Kedua (1959-1965):
    Pembuatan Komputer Generasi kedua ini merupakan pengembangan dari komputer generasi pertama, tujuannya adalah memperbaiki komputer generasi pertama dalam hal komponen dan pengunaan listrik yang lebih hemat.
 B. Komputer Generasi Kedua memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    - Komponen telah menggunakan transistor.
    - Ukuran fisiknya lebih kecil.
    - Kecepatan prosessnya lebih cepat.
    - Tidak cepat panas.
    - Membutuhkan listrik lebih sedikit.
    - Memori yang digunakan lebih besar.
    - Telah menggunakan bahasa tingkat tinggi (high level leanguage).
    - Sudah dapat digunakan untuk real time (informasi yang dibutuhkan dapat dihasilkan dengan sekejap) dan time sharing (komputer digunakan bersama-sama dan komputer dapat membagi waktu untuk tiap-tiap pemakai).
  Contoh Komputer Generasi Kedua:

    - IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 (dibuat oleh IBM/Internasional Business Manchine).
    - Honeywell 400, Honeywll 800 (dibuat oleh honeywell).
    - Burroughs 200 (dibuat oleh burroughs).
    - GE 635, GE 645, GE 200 (dibuat oleh General Electric).
    - UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (dibuat oleh Sperry Rand).
    - NCR 300 (dibuat oleh NATIONAL CASH REGISTER).
 3. Generasi Ketiga (1965-1970).
    - Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan komponen dalam satu tempat dan disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Selain itu komputer generasi ketiga dibuat penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal) penggunaan listriknya lebih hemat di bandingkan dengan generasi pertama dan kedua. Ukuran fisik lebih kecil agar dapat menghemat penggunaan ruang.
 C. Komputer Generasi Ketiga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    - Komponen telah menggunakan IC (INTEGRATED CIRCUIT) atau yang disebut "CHIP" salam bentuk Hybird Circuits atau Solid Logic Technology (SLT), yaitu transistor dan dioda diletakkan secara terpisah dalam satu tempat.
    - Kecepatan prosessnya lebih cepat.
    - Membutuhkan listrik lebih hemat.
    - memorinya yang digunakan lebih besar, dapat menyimpan sampai ratusan ribu karakter.
    - Telah menggunakan penyimpanan luar yang bersifat random acces, yaitu magnetik disk yang berkapasitas besar.
    - Dapat digunakan untuk multi processing dan multi progamming.
    - Telah dibuatnya alat input-output dengan menggunakan visual display terminal yang dapat menampilkan grafik, dapat menerima dan mengeluarkan suara, dan telah digunakan alat pembaca tinta magnetik MICR (Magnetic Ink Character Reader).
  Contoh Komputer Generasi Ketiga:

    - GE 600, GE 235 (dibuat oleh GENERAL ELECTRIC).
    - Burroughs 5700, Burroughs 6700, (dibuat oleh Burroughs).
    - UNIVAC 1108, UNIVAC 9000 (dibuat oleh Sperry Rand).
 4. Generasi Keempat (1970-1995).
    - Komputer Generasi Keempat merupakan pengembangan dari komputer generasi ketiga. Komputer ini dibuat dengan menggabungkan beberapa IC yang dipadatkan, yang dalam komputer generasi ketiga belum dapat digabungkan.
 D. Komputer Generasi Keempat mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

    - Telah menggunakan LSI (Large Scarle Integration), yaitu penggabungan beribu-ribu IC yang dipadatkan dalam 1 buah CHIP.
    - LSI dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration) yang dapat memuat 150.000 translator yang dipadatkan.
    - Chip yang digunakan telah berbentuk segiempat yang memuat rangkaian-rangkaian terpadu.
  Contoh Komputer Generasi Keempat:
    - IBM 370 (dibuat oleh IBM/Internasional Bussines Manchine).

    - Apple II (dibuat oleh Apple).


 C) Perkembangan Hardware Komputer.
   Perkembangan teknologi elektronik yang paling pesat dan banyak dipakai dalam menyelesaikan pekerjaan maupun untuk memperoleh informasi tidak lain adalah komputer. Perkembangan komputer ini diakibatkan oleh perkembangan Mikroprsessor (processor) sebagai otak dalam menangani keseluruhan dari kerja komputer.
   Perkembangan Mikroprsessor Intel dan Personal Computer (PC).

   Sesuai dengan waktu evolusi generasi-generasi processor yang baru bermunculan dengan perfomance yang lebih canggih, baik dari segi kualitas maupun kerumitannya.

   Perkembangan Tipe Processor:
    1. Processor Intel.
        - XT 8086-8088
        - AT 286, AT 386, AT, 486
        - Pentium I : AT 80586 dengan 50 Mhz, 70 Mhz, 90 Mhz, 100 Mhz, 133 Mhz.
        - Pentium II : 266 Mhz, 300 Mhz, 350 Mhz, 400 Mhz, 450 Mhz.
        - Pentium III : 500 Mhz, 550 Mhz, 600 Mhz, 650 Mhz, 700 Mhz.
    Dan Generasi terbaru sekarang Pentium IV.
     Processor Selain intel dan perkembangannya:
       - Pangsa pasar yang menggiurkan untuk teknologi Komputer di Indonesia menyebabkan processor yang ada di pasar tidak hanya Intel Co. tetapi Perusahaan lain seperti AMD (Advanced Micro Devices) serta Cyrix juga mengeluarkan beberapa jenis processor yang berusaha mengimbangi produk-produk dari intel.
    2. Produk Dari AMD :
        - AMD K-5, AMD K-6, AMD K6-2, AMD K6-3, AMD K-7, AMD Duron, AMD Athlon. Dimana produk-produk AMD ini ternyata berhasil melampaui kemampuan dari produk-produk intel.
     Berikut merupakan data-data perbandingan arsitektur produk AMD dan Intel.

     Serta Hasil (Test Kehandalan uProcessor). Processor AMD dikenal lebih murah dengan kehandalan yang tidak kalah dengan produk intel.
     Selain AMD, Processor merk Cyrix yaitu, Cyrix 6x86, M-III, tetapi sayangnya Processor merk Cyrix ini tidak seberhasil AMD.

     1. Mother Board
         Mother Board merupakan induk dimana semua devices dipasang mulai dari processor, memori, slot-slot untuk ekspansi, dll.

         a) Hal-hal yang harus diperhatikan ketika hendak memilih dan merakit Mother Board.
            - Setiap MotherBoard memiliki pasangan dengan processor.
            - Kemampuan Motherboard untuk bisa di Up-grade sampai dengan kecepatan Processor.
            - Kapasitas memory RAM yang bisa dipasang pada Motherboard semakin besar kapasitas memori yang dipasang semakin mengguntungkan bagi kita.
            - Setting MotherBoard di 'BIOS' (software).
            - Jumlah slot untuk PCI dan ISA slot-slot  tersebut sangat bermanfaat untuk penambahan  periperal seperti audio card.
            - Apakah MotherBoard support untuk AGP bagi VGA card , jika support itu sangat menggutungkan bagi kita untuk peningkatan kemampuan grafis dari computer.
            - Speed Bus untuk memori sampai dengan kecepatan berapa (66,100,133,200,400 Mhz).
            - Apakah VGA card dan audio card sudah onboard atau tidak.
            - Power Supply untuk MotherBoard AT atau ATX atau Baby AT.

0 comments:

Post a Comment

 
Top